14 October 2015

Siapakah Nane Lagergren istri Kofi Annan itu?

Dapat kiriman artikel menarik dari Mas Budi Saksono, tentang "Sejarah Dinasti Rothschild". Membaca dengan asiknya, tapi gak selesai-selesai, sejarahnya cukup lengkap dari tahun lawas sekali sampai mendekati kekinian. Akhirnya membaca dari bawah, lalu ketemu tulisan ini:

"..1997 : Kofi Annan menjadi Sekretaris Jenderal PBB. Istrinya, Nane Lagergren, adalah keturunan dari Rothschild.."

Ini jelas berita, aku selalu bertanya mengapa kok sekjen PBB umumnya selalu menjadi antek dari kekuatan barat dan ekonomi dunia, jemariku bergerak mencari..

aku search "Nane lagergren", ketemu dia di wikipedia swedia: dengan nama "Nane Annan", dengan bantuan sedikit google chrome translate, dapatlah profil dia:


Kofi Annan dan Nane istrinya sedang menghadiri acara "Holocaust Remembrance Day January 27, 2012" di the Raoul Wallenberg Square - Stockholm. Raoul Wallenberg on the poster in the background.

Dari foto tersebut ada nama  "Raoul Wallenberg", nama salah satu orang tua Nane. Tadinya saya search Gunar Lagergreen, nama orang tua salah satunya dari Nane (saya tak tahu yang mana perempuan yang mana pria dari kedua nama ini, kecuali setelah melihat foto Roul di poster :). 

Saya search nama "Raoul Wallenberg" ketemulah profil beliau di wikipedia. Lagi-lagi dalam bahasa Swedia, dan saya harus menggunakan translator lagi. Dari tambahan artikel ini barulah saya faham kalau Anna memang benar-benar keturunan Yahudi, selain dia menghadiri peringatan acara holocaust, ayahnya Anna ini juga diceritakan berhasil menyelamatkan seratur ribuan bangsa Yahudi dari Hongaria atas pendudukan Nazi. 

Raoul Wallenberg

Dari laman wikipedia Raoul ini saya mendapati nama ayahnya: Raoul Oscar Wallenberg, saya coba search lagi. Saya menemukan situs pohon keturunan (genealogy) Geny tentang profil Kakek Anna Lagergren ini . 


Genealogy keluarga Raoul Oscar Wallenberg

Mengejutkan sekali menelusuri pohon keluarga mereka. Betapa ini memang keluarga besar yang tercatat dalam sejarah dan didokumentasikan dengan baik. Saya mencoba jalur dari ayah Anna ini yaitu "Raoul Oscar Wallenberg", tidak menemukan keluarga Rothschild di sini. Lalu saya mencoba jalur dari "Maria Sofia Wising", ketemulah kemudian 



Maria Sofia Wising merupakan Ibu dari Nina Viveka Maria von Darde, lalu muncullah nama "Annan (Lagergren) yang disembunyikan datanya (private). Saya klik lagi data Annan Lagergren ini, yang link-nya kalau saya coba copas di jendela browser yang baru tidak bisa (keren juga nih Geni). Screenshotnya tampil sbb:


Kita lihat muncul tulisan : Spouse of Kofi Annan, beliau istri Kofi Annan. Agak mengherankan profilnya disembunyikan, dan memang di pohon keluarganya, Nane lagergren ini tidak tampak. 

...bersambung...







No comments:

Post a Comment