15 July 2002

Mantan Komandan Senjata Udara Israel Wafat: “Keliru Orang-orang Yahudi bisa Membangun Negara"

eramuslim - Seorang mantan tokoh militer Israel meninggal dunia. Ia adalah Benny Beled yang pernah menjabat sebagai komandan persenjataan udara Zionis Israel. Harian Maaref di Israel terbitan hari Ahad (14/7/2002) menyebutkan bahwa Beled tutup usia pada 74 tahun. Beled disebutkan pernah terlibat langsung dalam sejumlah peperangan melawan bangsa-bangsa Arab Muslim.

Yang unik dari Beled adalah wasiat yang ia tinggalkan untuk keluarganya setelah ia meninggal dunia. Anaknya, Yoram Beled mengatakan bahwa permintaan terakhir ayahnya yang pernah menjabat komandan senjata udara Israel antara tahun 1973 hingga 1977 itu adalah agar anggota keluarganya keluar ke lapangan terbuka dan memukul lonceng yang pernah dihadiahkan padanya ketika ia menjabat komandan senjata udara. Setelah memukul lonceng itu, Beled meminta keluarganya untuk mengatakan bersama sama: “Di sini telah mati seorang Yahudi gila. Saya Yakin bahwa anggapan orang-orang Yahudi bahwa mereka mampu mendirikan negara adalah keliru…”

Benny Beled memulai karir militernya sebagai seorang pilot dengan prestasi terbaik pada tahun 1949-1967 saat pecah perang Arab-Israel. Pada bulan Mei 1973, ia ditunjuk sebagai komandan persenjataan udara Israel. (na/pic)

No comments:

Post a Comment