26 March 2005

Internet Marketing? Start now if you can...

Saya tidak menyangka animo anggota marketing-club yang merespon fenomena Anne Ahira begitu besar. Padahal ini khan forum marketing offline? Saya juga menerima luarbiasa banyak sekali email via japri. Pada umumnya melontarkan pertanyaan dan saran yang mirip-mirip. Supaya adil dan tidak merepotkan, saya memilih merespon semuanya via forum ini saja. Mohon ijin Moderator :)

1. Buku Robert G. Allen bisa dipesan via Amazon.com - ini menjawab pertanyaan teman-teman luar Jakarta yang tertarik untuk memilikinya. Buku ini sangat luarbiasa, 279 halaman saya lalap baca hanya dalam 3 hari saja :)

2. Fenomena Anne Ahira adalah tren yang berhasil di-explore oleh media. Memang didukung oleh "membludak" nya follower dari Elite Team dll. Media sekelas Kompas dan SWA memang butuh tren seperti ini sebagai berita. Dan kebetulan memang Anne mampu membuktikan kredibilitasnya sebagai seorang "internet-marketer". Apalagi ditengah kesulitan ekonomi yang menghantam negara kita, cerita sukses Anne ini ibarat setitik air dipadang gurun yang tandus. Saya hanya berharap,
melihat dari jam terbang Anne yang pernah menjadi guru(bahasa Inggris), ia mampu dan bersedia mendidik dan membimbing para afiliatornya untuk berhasil meraih income yang setidak-tidaknya bisa menutupi pengeluaran mereka setiap bulannya. Jangan sampai bergabung sebagai afiliator tetapi malah terjebak dan menjadikan income mereka "besar pasak daripada tiang".

3. Bung Enda, Ponzi Scheme melibatkan sistim hutang uang "bunga-berinduk-bunga" sedang referral system Anne hanya memberikan janji pembagian komisi uang referral/prosentase keuntungan, plus Anne juga memiliki produk. Bukan sistim duplikasi uang tanpa produk sebagaimana yang biasa dikenal dalam Pyramid System/Ponzi Scheme. Jadi kurang tepat kalo dipersamakan, walau tidak sepenuhnya salah. Saya setuju dengan Anda.

4. Apa yang dijual Anne bisa saya katakan bukanlah produk yang spektakuler. Sangat banyak produk-produk, tips, newsletter, dan artikel motivasi&emarketing seperti yang ditawarkan Anne bisa di-download free (tidak perlu bayar sepeserpun) melalui internet. Lama kelamaan seperti yang ditulis Bung Sri Sadono, pasar pasti akan jenuh. Dan disini bencana baru akan muncul
nantinya, saya sarankan Anne boleh mulai menciptakan berbagai produk pembelajaran yang berbahasa Indonesia. Ini mungkin bisa mengurangi kejenuhan pasar para afiliatornya.

5. Bung Pande, saya bisa memahami ajakan-ajakan para afiliator Anne sangat beresiko spam dan terkadang mengganggu. Coba telusuri, sekarang para afiliator bergerak secara "halus" bergabung dengan berbagai milis yang ada dijagad maya, plus "menempelkan" slogan-slogan ajakan, nama domain mereka, dan pemberitahuan prospek income yang dirasa cukup menggiurkan didalam posting perkenalannya. Apakah ini spam? Bisa dianggap bukan, tetapi ini bisa saya kategorikan sebagai spam yang cukup halus. Entah ini merupakan salah satu hasil bimbingan Anne atau hanya
trik para afiliator, menurut hemat saya bila Anne tahu akan hal ini, sebaiknya ini dihentikan. Merepotkan para moderator milis dikemudian hari, apalagi terhadap posting-posting yang tidak melalui filter moderator. Kasian jatah bandwidth milis mereka bisa end-up nantinya dan di-block.

6. Buat Bung Haris, saya setuju ada lembaga yang mengawasi kegiatan pemasaran model afiliasi ini. Lama-lama akan banyak sekali Anne Ahira baru bermunculan. Maybe Departemen Kominfo yang baru bisa ikutan mengawasi? Who knows... :)

7. Bung Ferry, pengetahuan Anda tentang internet marketing saya rasa sudah lebih dari cukup. Yang penting untuk melakukan penetrasi pemasaran melalui internet, Anda WAJIB mempunyai sebuah produk yang handal. Apalagi bila mampu berkreasi secara aktif terus menerus mengeluarkan produk. Katakanlah setiap bulan atau 2-3 bulan selalu ada produk baru. Sebagai masukan, sebuah produk tidak harus berbentuk fisik (tangible), jauh lebih baik bila mampu dalam bentuk non-fisik (in-tangible). Nah, produk non-fisik yang paling laris saat ini di internet adalah INFORMASI! Tahun 1999-2000 saat eBay belum populer seperti sekarang, saya pernah menulis "how-to" nya. Hanya
berupa kompilasi dari berbagai informasi yang saya ambil sana sini di internet. Kemudian saya kompilasi secara sistimatis dan saya buat dalam bentuk download-able ebook. Saya kunci dengan password dan saya jual seharga US$14.95 per ebook. Dalam setahun saya bisa memperoleh US$100ribu. Sampai sekarang bukti account bank menerima transfer tersebut masih saya
simpan apabila ingin dibuktikan :) Jadi, saya mengulas hal ini bukan dalam kapasitas
ingin berpromosi/menyombongkan diri tetapi saya yakin setiap orang MAMPU selama ia bisa menggali potensi diri dan menciptakan produk yang handal. Saya memulainyapun tanpa bimbingan siapapun, semuanya trial & error. Dan sekarang cukup banyak teman-teman yang saya arahkan bisa menjadi "pengangguran 9 to 5", tetapi tetap menuai fulus dari internet. Caranya? Punya produk handal, walau bahkan produk yang "aneh" sekalipun will be okay :)

Mengenai prosedur search-engine, ada banyak faktor yang bisa membuat rangking Anda terlempar. Tapi jika Anda jenius, maka bertahun-tahun rangking Anda bisa bertengger selalu di No.1 tidak tergoyahkan. Pemilihan keyword sangat penting. Coba Anda masukkan keyword "inner power" di Yahoo/Google (kayaknya ini sudah berulang kali saya beritahukan deh). Situs ini sejak tahun 2001 sampai sekarang akan selalu No.1 mengalahkan 12.000.000 halaman lainnya yang mirip/sama. Mengapa bisa? A genius, the power of knowledge tentunya :)

Bayangkan, situs ini menjual produk seharga US$350 per item. Dalam bentuk buku fisik (tangible product) yang dikirimkan ke pemesannya langsung. Laku satu bulan satupun "more than enough" khan? Tapi kenyataannya, dalam satu bulan situs ini "hanya" menjual "beberapa" item saja. Non-stop!

Dan ingat, situs ini TIDAK melayani sistim afiliasi, walaupun banyak permintaan yang menginginkan bergabung sebagai afiliatornya dari seluruh penjuru dunia. Jadi
sistim afiliasi tidak sepenuhnya menunjang kesuksesan Anda, jadi lebih baik, berkonsentrasilah pada mencari produk yang langka, handal, dan brilian! Lebih baik menciptakan produk yang non-fisik karena Anda tidak akan direpotkan oleh sistim pengiriman int'l kurir yang mahal dan sering beresiko hilang.

8. Bung Rudi, saya pribadi jujur pernah "kenal" dan "chat" dengan Anne secara anonim via ICQ sekitar tahun 2000-2001. Jujur saya katakan, she's a tough girl! Sampai sekarang script chat (message history) saya dengan dia via ICQ masih saya simpan. Waktu itu saya ragu apa betul dia di Bandung, karena bahasa Inggrisnya bagus. Tetapi setelah saya cek IP-nya via ICQ, dari Centrin kalo tidak salah, saya jadi yakin dia betul-betul gadis Indonesia. Dia pernah menawarkan saya produk Asian Brain dan program Elite Team-nya, yang notabene saya sebetulnya kenal langsung dengan "pemilik" asli produk tersebut di Amrik. Waktu itu dia belum dikenal siapapun. Tetapi saya tidak suka dengan sistim "janji" program afiliasi tersebut. Beruntung Anne "tough", suka dengan pekerjaannya, dan terbukti dia berhasil. Kalo saya cenderung suka "menciptakan" sebuah produk pribadi daripada "menggunakan" produk orang lain. Jadi dalam hal ini, kita berbeda jalur.

9. Bung Kharisma, untuk belajar pemasaran melalui internet, Anda tidak perlu mengorbankan "satu mobil kijang" :) Ada nasihat bijaksana, lebih baik berbincang satu jam dengan seorang filsuf daripada bertahun-tahun mencari arti sebuah filosofi. Artinya, jika ada begitu banyak orang yang diforum ini yang bisa berbagi pengalaman secara cuma-cuma, Anda bisa belajar Gratis khan!? Be smart. Work smarter, not harder :)

Akhirnya, saya menghimbau, cobalah para afiliator Anne mengambil sebanyak-banyaknya ilmu yang ditawarkan Elite Team & Gang, dan kemudian berkiprahlah sebagai Anne, dan bukan lagi sebagai afiliatornya. Anda pasti mampu. Think wise, anggap saja program yang ditawarkan Anne sebagai "shortcut" untuk Anda belajar dan menuju kepada kesuksesan yang lebih besar. Melalui internet, ada banyak peluang sukses selama Anda tetap belajar dan menguasai "know-how"nya. Memang pemasaran online very unique, jauh berbeda dengan offline. Tetapi selama minat Anda besar, yang offline pun bisa di-online-kan. Sehingga sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Nothing to loose koq, so...START NOW IF YOU CAN!

Salam,
Paschalis Lie paschalis_lie@yahoo.com

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. tes, the 1st comment from me... at LA...

    ReplyDelete