04 September 2009

Struktur Paling Lemah, Jangan Turun Lewat Tangga Saat Gempa!

Ada artikel menarik yang saya dapat dari sebuah milis. Sangat bermanfaat buat rekan2 yang kerja di gedung-gedung pencakar langit.


Salam,
MS
------------------


Sumber : DetikNews

Jakarta - Saat terjadi gempa, biasanya warga Jakarta yang berada di gedung-gedung pencakar langit langsung berhamburan menuju tangga darurat untuk turun ke halaman. Kebiasaan ini ternyata tidak benar. Sebab, tangga adalah bagian dari gedung yang paling tidak tahan gempa alias paling mudah runtuh..

"Ini adalah salah kaprah. Orang kalau ada gempa langsung turun pakai tangga darurat. Berdasarkan strukturnya, tangga darurat bukan didesain untuk antisipasi gempa, tapi untuk kebakaran," kata praktisi konstruksi Endy Budyanto dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (3/8/2009).

Sebenarnya yang harus dilakukan saat terjadi gempa, para penghuni gedung bertingkat lebih baik diam dulu di dalam gedung sampai gempa selesai bergoyang. Setelah gempa berhenti, baru kemudian mereka turun menuruni tangga darurat.

Dia menjelaskan, bagian-bagian bangunan yang paling rawan runtuh akibat gempa secara berurutan yakni tangga, balok, plat atau lantai, dan yang terakhir adalah tiang. Sehingga kalau saat terjadi gempa orang justru berebut turun lewat tangga, dikhawatirkan malah akan membuat tangga tersebut runtuh karena tidak kuat menahan beban.

"Harusnya kita tetap di tempat sampai gempa itu berhenti, baru setelah itu mereka keluar," saran Endy.

Bagaimana kondisi gedung kantor Anda? Adakah bagian yang rusak atau retak-retak? Ceritakan pada kami di redaksi@detik..com. (anw/nrl)

No comments:

Post a Comment