21 April 2005

Aksi prihatin Terhadap Skema Bisnis Anne Ahira

Kami, warga masyarakat dan komunitas Internet, merasaprihatin terhadap model bisnis yang diterapkan olehAnne Ahira. Kami keberatan bahwa bisnis inidiasosiasikan dengan melakukan marketing di Internet.Marketing yang dilakukan di Internet sebenarnya adalahsesuatu yang baik dan wajar asalkan dilakukan dalambatas-batas etika dan kewajaran.

Setelah melakukan penyelidikan,
kami berkesimpulanbahwa bisnis ini hanyalah sebuah praktik skemapiramida yang
dibungkus dengan istilah InternetMarketing.
Hal ini jelas terlihat dari apa yang harusdilakukan oleh setiap anggota Elite Team, yaitumerekrut empat anggota baru. Skema piramida sejatinyamerupakan penghisapan oleh segelintir individuterhadap banyak orang. Menurut kami, Internet tidakperlu dikotori dengan pemasaran dari bisnis tidakjelas seperti itu. Silakan melakukan pemasaran viaInternet sejauh masih dalam batas-batas kewajaran danbisnisnya adalah bisnis yang baik dan jelas.

Lebih jauh lagi, kami melihat bahwa Elite Teammenawarkan janji yang menyesatkan, yaitu menyatakanbahwa tujuan Elite Team adalah agar semua anggotaElite Team memperoleh penghasilan $6.688 per bulan,dan bahwa ini adalah tujuan yang realistis. Tetapirealitanya adalah: seandainya semua anggota Elite Teambekerja keras dan teguh pada regimen Elite Team, hanya1 dari 341 orang, atau 0,29%(!) yang memperoleh $6.688per bulan. Sangatlah jauh dari apa yang diakui sebagaitujuan realistis Elite Team.

Produk yang ditawarkan Anne Ahira/EliteTeam adalahkeanggotaan representative (rep.) di Financial FreedomSociety, Inc. (FFSI), di mana setiap rep. harusmembayar $54,95 per bulan kepada FFSI. Setiap rep.memperoleh komisi dari menjual keanggotaan FFSI keorang lain sehingga menjadi rep. baru. Orang yangdirekrut ini disebut sebagai affiliate, atau di MLMlain dikenal dengan nama downline, dan setiap rep.juga memperoleh komisi dari penjualan yang dilakukanoleh downline-nya sampai empat tingkat downline.

Selain dari keanggotaan FFSI, boleh dibilang tidak adaproduk atau jasa yang dijual oleh Anne Ahira dan EliteTeam. Dalam sistem Elite Team, besar penghasilanbulanan seorang anggota tergantung dari jumlahdownline FFSI-nya dan bagaimana struktur downlinetersebut karena tidak ada atau hampir tidak adapenghasilan seorang anggota Elite Team selain darikomisi FFSI.

Dengan perhitungan satu anggota mendapatkan 4 anggotabaru, seperti yang dipraktikkan oleh Elite Team, makahanya dalam 17 tingkat piramida jumlah anggotakeseluruhan menjadi sebanyak 5.73 miliar. Sedangkanjumlah populasi manusia keseluruhan di dunia hanyalah6.4 miliar. Jika seluruh 5.7 miliar manusia tersebutmengikuti program ini, maka hanya 89 juta orang yangakan berpenghasilan $6.688 per bulan. Sementara 5.3miliar lainnya merugi!

Dengan demikian kami menghimbau masyarakat Internetuntuk tidak mudah terjebak oleh iming-iming kekayaanyang dijanjikan oleh Anne Ahira, Elite Team maupunpihak-pihak lainnya. Kami berharap masyarakat Internetbisa menyadari adanya model bisnis semacam itusehingga dapat lebih waspada. Kepada redaktur mediamassa juga kami berharap untuk selalu melakukaninvestigasi terlebih dahulu ketika membahasbisnis-bisnis yang tidak memiliki kejelasan sepertiitu agar nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihaktertentu sebagai promosi terselubung.

Internet, 28 Maret 2005
Tertanda,
Benny Chandra

ps. Bagi rekan-rekan penulis blog yang inginmenyebarkan pernyataan sikap ini dapat menyalinseluruh isi tulisan ini pada blog masing-masing.Tetapi tidak menutup kemungkinan rekan-rekan yangbukan penulis blog untuk mengikuti aksi ini

*) Dikutip dr Benny Chandra at Milist sebelah
Ada yang bisa bantu mengkomentari atau memberi pencerahan atas pemasaran "via internet"

No comments:

Post a Comment