Berikut ini adalah tips-tips dalam rangka perencanaan keuangan yang
telah umum digunakan, judul aslinya : Find out how to set and keep
realistic financial goals and budgets. Mudah-mudahan bermanfaat,
karena pada dasarnya perencanaan keuangan memang menuntut kita untuk
dapat menunda kesenangan saat ini tetapi untuk mendapatkan kesenangan
yang lebih besar di masa yang akan datang.
Jika rencana-rencana berikut Anda mulai lakukan, setidaknya Anda telah
mampu menganalisis keadaan keuangan Anda sendiri. Contohnya, dari
kegiatan tersebut kira-kira berapa rupiah uang yang berhasil Anda
sisihkan selama satu tahun (1 Juta? 5 juta? 10 Juta? atau bahkan
lebih?, tetapi jangan sampai tidak ada). Sebagai gambaran, misalkan
jumlahnya 5 juta rupiah. Jika dari satu kali rencana tersebut saja
dapat Anda tabung/investasikan (banyak instrumen investasi yang dapat
Anda pilih saat ini) maka setidaknya Anda telah menabung sekitar 300
juta* untuk masa depan anda. Cukup bermanfaatkah? Bagaimana jika sudah
menjadi kebiasaan anda untuk menabung?
*Pada tingkat pengembalian investasi sedang
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Menentukan dan Mempertahankan Rencana Keuangan Yang Realitas
Saat menentukan rencana keuangan, kadang kita bersikap terlalu
ambisius, sehingga rencana kita terlihat tidak realitas dan berakhir
hanya sebagai sebuah rencana saja, tanpa realisasi. Untuk menghindari
hal ini, Anda dapat mengambil lima rencana keuangan yang realistis di
bawah ini sebagai rencana keuangan anda tahun ini:
1. Tentukan Dua Jenis Pengeluaran Yang Seringkali Menghambat
Rencana Keuangan Jangka Panjang Anda
Setelah Anda menentukan dua jenis pengeluaran tersebut, cari solusi
untuk memperkecil jumlah pengeluaran tersebut sampai 20%. Dengan
membiasakan dalam melakukan hal ini, maka Anda akan menjadi semakin
rasional dalam membelanjakan uang Anda.
2. Catat Semua Pengeluaran Anda
Sulit bagi kita untuk menyelesaikan sebuah masalah jika kita tidak
tahu apa yang menjadi masalah sebenarnya. Cara terbaik untuk mencatat
semua pengeluaran Anda adalah dengan menggunakan buku catatan atau
program komputer khusus. Dengan demikian Anda dapat mengevaluasi,
mencocokkan dan menemukan letak permasalahan keuangan Anda. Anda dapat
mengetahui pos-pos pengeluaran mana saja yang memerlukan perhatian
khusus atau pengeluarannya paling besar, sehingga Anda dapat segera
memperbaikinya.
3. Naikkan Jumlah Tabungan Hari Tua Anda
Anda bisa menaikkan tabungan hari tua Anda, misalnya dengan menaikkan
jumlah tabungan tersebut sebanyak 2% dari yang saat ini telah Anda
sisihkan. Contohnya, jika saat ini Anda telah menyisihkan 10% dari
gaji Anda untuk tabungan hari tua, Anda bisa menaikkan jumlahnya
menjadi 12%. Anda hanya akan merasakan perbedaannya pada saat Anda
pertama kali melakukannya, setelah itu tanpa Anda sadari hal ini sudah
menjadi kebiasaan.
4. Buat Rencana Keuangan Otomatis
Daripada Anda menunggu sampai akhir bulan untuk melihat apakah Anda
masih punya sisa uang untuk ditabungkan atau diinvestasikan di tempat
lain, lebih baik sisihkan sejumlah uang untuk ditabungkan atau
diinvestasikan segera setelah Anda menerima gaji Anda dan lakukan hal
secara terus-menerus. Anda bisa memilih sebuah program investasi
seperti reksadana atau asuransi unit link.
5. Awali Tahun Baru dengan Sistem Pengarsipan Baru
Gunakan sistem penyimpanan dokumen (pengarsipan) yang baru di awal
tahun. Daripada Anda berusaha untuk menyusun kembali seluruh
dokumen-dokumen lama Anda, lebih baik ambil kotak atau kosongkan laci
file Anda dan susunlah dokumen-dokumen Anda di kotak atau laci
tersebut. Mulai pisahkan kotak atau laci Anda dengan pembatas
berdasarkan jenis-jenis dokumen keuangan Anda seperti rekening bank,
tabungan, asuransi, tagihan, dll. Penyusunan dokumen yang rapi dan
teratur, sangat membantu Anda dalam mencari dan menemukan dokumen
apabila suatu saat dibutuhkan.
Semua rencana ini sangat realistis dan dengan menerapkan
rencana-rencana ini, Anda dapat mengetahui hasilnya di akhir tahun
nanti. Anda akan dapat menekan pengeluaran-pengeluaran yang berlebihan
dan menyisihkan sejumlah dana untuk ditabungkan. Dengan bantuan
program atau buku catatan pengeluaran, Anda dapat melihat di pos-pos
mana saja Anda terlalu banyak mengeluarkan uang dan Andapun dapat
segera memperbaikinya.
SELAMAT MENCOBA!
No comments:
Post a Comment